Hanya Ada Satu Kejutan

Piala eropa 2012 telah berlangsung sejak 8 Juni lalu. Enam belas tim yang terbagi dalam empat grup berjuang untuk menjadi juara. Seperti biasa ada tim-tim yang diunggulkan, ada tim yang diperkirakan menjadi underdog, dan ada pula tim yang hanya sebagai partisipan saja.

Spanyol sebagai juara bertahan sudah pasti diunggulkan, pemain-pemain yang dibawa untuk euro kali ini sebagian besar merupakan tim yang memenangi piala dunia 2010 lalu. Adapun tim-tim lain yang diunggulkan yaitu Belanda, Jerman, Prancis, Italia. Tim-tim yang bisa menjadi underdog yaitu Inggris, Portugal, Ceko, dan Kroasia. Inggris dan portugal memang tidak diunggulkan, tetapi mereka bisa menjadi underdog karena pemain-pemain mereka bisa membuat perbedaan.

Hanya ada satu kejutan pada pagelaran euro 2012 kali ini, yaitu tidak lolosnya Belanda dari penyisihan grup, padahal catatan saat kualifikasi mereka fantastis, dengan nilai sempurna. Belanda kalah dengan portugal yang lolos euro secara susah payah.

Saat ini sudah ada dua tim yang menjejakkan kakinya di perempat final, yaitu Portugal dan Jerman. Portugal kemarin malam menundukkan perlawanan Ceko dengan skor 2-0. Sedangkan Jerman dini hari tadi menundukkan Yunani dengan skor 4-2. Portugal menunggu pemenang antara Inggris vs Italia, sedangkan Jerman menunggu pemenang Spanyol vs Prancis.

Patut untuk terus diikuti, tim mana yang akan menjadi juara euro 2012 kali. Apakah Spanyol mampu mempertahankan tropinya? Italia, Prancis atau Jerman yang yang akan menambah koleksi tropi? Atau akankah ada juara baru? Inggris atau Portugal?

Comments