Spanyol Sudah, Liga Inggris dan Italia Belum

Liga Spanyol telah diketahui juaranya. Real Madrid. Walaupun masih menyisakan 2 laga, tetapi nilai Madrid sudah tidak terkejar Barcelona sebagai saingan terdekat. Beda dengan liga Inggris dan liga Italia, liga diketahui juaranya sepertinya setelah liga berakhir. City dan United sekarang ini memiliki nilai sama, 83 poin. City berhak sebagai pemuncak karena menang selisih gol. Keduanya juga tinggal menyisakan dua laga. Pertandingan yang akan dilakoni United lebih ringan dari pada City yang harus bertandang ke salah satu penghuni papan atas saat ini, Newcatle United. Tetapi itu bukan jaminan United yang akan juara. Jika City dapat memenangkan seluruh laga, maka mereka berhak juara.


Sepertinya United akan juara karena lawan di dua laga sisa hanya tim dari papan tengah, tetapi, United itu selalu dibuat sulit oleh tim-tim yang secara kualitas ada dibawahnya. Bahkan, mereka dua kali takluk dari tim penghuni zona degradasi; Wigan dan bolton. Jika terpeleset, bisa saja United harus merelakan gelar liga ke tetangga satu kotanya.


Liga Italia tak kalah serunya, dua tim teratas saat ini hanya berselisih satu poin. Saat ini, Juventus masih menjadi pemuncak klasemen dengan nilai 78, selisih satu poin dengan AC Milan. Juve dan Milan tinggal menyisakan dua laga. Jika salah satunya terpeleset, maka salah satunya yang lain akan menjadi juara.


Juventus 'menggila' musim ini, sampai saat ini mereka belum terkalahkan di ajang liga. Jika sampai akhir musim nanti mereka tidak juga kalah, maka akan menjadi rekor baru di Italia, tidak terkalahkan dalam satu musim untuk liga yang diikuti 20 tim. Capello sebelumnya pernah menorehkan tidak terkalahkan dalam satu musim ketika kontestan liga masih berjumlah 18 tim.


Milan sebagai juara bertahan tentu tidak ingin gelar liganya direbut musuh bebuyutan mereka, Juventus. Mereka tentu akan berjuang sampai titik akhir.


Sepertinya liga akan tetap seru sampai pertandingan terakhir liga.

Comments