Gol Tunggal Messi Menangkan Barca

Striker Barcelona, Lionel Messi, berhasil mencetak gol yang menentukan kemenangan 1-0 timnya atas Shakhtar Donetsk pada leg kedua babak perempat final Liga Champions, Rabu (13/4/2011) dini hari WIB. Dengan ini, maka Barca berhak lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat 6-1. Di semifinal, Messi dan kawan-kawan bakal menghadapi pemenang antara Real Madrid dan Tottenham Hotspur.

Meski sudah unggul besar di leg pertama, Barca tak mengistirahatkan skuad terbaiknya melawan Shakhtar. Barca tak ingin ambil risiko mengingat Shakhtar memiliki rekor yang hebat di kandang. Dalam dua tahun terakhir, Henrik Mkhitaryan dan kawan-kawan baru menelan satu kekalahan di Donbass Arena.

Sejak peluit dibunyikan, Barca langsung menguasai pertandingan. Trio Seydou Keita, Javier Mascherano, dan Xavi mampu menjaga penguasaan bola dengan baik. Meski begitu, justru Shakhtar yang lebih dulu agresif dalam melepaskan ancaman. Dalam 24 menit pertama sudah ada tiga tembakan akurat yang dilepaskan Jadson (dua kali) dan Douglas Costa. Apa daya, semuanya mentah di tangan Victor Valdes.

"Azulgrana" tak tinggal diam. Melalui Messi, Barca terus mencoba membongkar pertahanan tuan rumah. Usaha ini nyaris berhasil pada menit ke-28 dan ke-31. Namun, apa boleh buat, tendangan Messi berhasil dipatahkan kiper Shakhtar, Andriy Pyatov.

Gol yang ditunggu-tunggu Barca akhirnya lahir pada menit ke-43. Memanfaatkan umpan Dani Alves, Messi berhasil menembak bola ke pojok kanan bawah gawang Shakhtar.

Memasuki paruh kedua, Shakhtar tetap tak mampu memecah kebuntuan mereka. Meski mendapat dukungan penuh dari fans, Eduardo dan kawan-kawan tak sanggup memberikan sengatan yang nyata. Barca berhasil mendikte pertandingan dengan baik. Pada akhirnya, keunggulan 1-0 untuk "Blaugrana" tetap bertahan hingga laga berakhir.

Susunan pemain
Shakhtar Donetsk: Andriy Pyatov; Yaroslav Rakitskiy, Mykola Ischenko, Viacheslav Shevchuk, Vasili Kobin; Tomás Hubschman, Henrik Mkhitaryan, Willian, Douglas Costa (Eduardo 58); Luiz Adriano (Marcelo Moreno 60), Jadson

Barcelona: Victor Valdés; Gerard Piqué (Gabriel Milito 70), Javier Mascherano, Adriano, Dani Alves; Sergio Busquets, Seydou Keita, Xavi (Pedro 66); Ibrahim Afellay, Lionel Messi, David Villa (Jeffrén Suárez 75)

Wasit: Florian Meyer

sumber : kompas bola

Comments