Ditahan Lazio, Milan Terancam

Selama 90 menit Milan tidak mampu mengoyak gawang Lazio. Milan banyak membuang peluang yang di dapat. Masuknya Cassano di babak kedua juga belum mampu memecah kebuntuan. Skor kacamata samapi peliut panjang babak kedua dibunyikan.

Milan masih berada di posisi puncak klasemen dengan 48 poin. Mereka unggul 5 poin dari Napoli yang menyisakan satu pertandingan. Sementara Lazio yang menempati posisi ketiga dengan 41 poin mendapatkan ancaman dari Inter Milan dan AS Roma, tim peringkat keempat dan kelima klasemen.

Ada perubahan signifikan di lini tengah Milan dalam laga ini. Pelatih Milan, Massimiliano Allegri, terpaksa menurunkan Thiago Silva sebagai gelandang jangkar karena absennya Mark van Bommel, Kevin Prince Boateng, Andrea Pirlo, dan Gennaro Gatusso.

Karena masih beradaptasinya Thiago Silva, lini tengah Milan sedikit keteteran di awal pertandingan. Situasi ini coba dimanfaatkan oleh Lazio lewat aksi Cristian Ledesma pada menit keempat. Sayang, tendangannya masih bisa ditahan oleh Cristian Abbiati.

Milan baru bisa balas mengancam pada sembilan menit kemudian. Sayang, tandukan dari Mathieu Flamini belum menemui sasaran. Flamini kembali mencoba pada menit ke-20. Lagi-lagi usaha pemain asal Perancis ini belum menemui sasaran.

Kedua tim bermain sama kuat hingga menit ke-30. Milan hanya unggul lima persen dalam hal penguasaan bola dan kedua tim sama-sama melakukan tiga tembakan percobaan.

Pada menit ke-33, Milan punya kesempatan terbaik. Sayang, umpan manis dari Zlatan Ibrahimovic gagal dimanfaatkan Urby Emanuelson. Tendangan kaki kiri Emanuelson melebar di atas tiang gawang Fernando Muslera.

Tangguhnya lini kedua penjaga gawang membuat beberapa peluang yang dimiliki kedua tim tak membuahkan gol. Strategi Milan juga tak berjalan dengan baik, Ibrahimovic kerap terlihat marah karena dirinya tak mendapat asupan matang dari rekan-rekannya. Sementara Lazio hanya bisa bertahan dan sesekali melakukan serangan balik.

Di babak kedua Milan memiliki peluang lebih banyak. Diawali peluang emas didapat Ibrahimovic pada menit ke-51 dan 53. Tendangan kerasnya dari kotak penalti sebenarnya tak bisa ditepis oleh Muslera pada ancaman pertama. Tetapi bola masih membentur mistar gawang, dua kali, sebelum akhirnya jatuh ke pelukan Muslera. Sementara peluang kedua masih tipis di samping kiri gawang Muslera.

Pada menit ke-64, Robinho yang membuang peluang. Umpan dari Emanuelson langsung disambar Robinho dengan tendangan first time yang akhirnya melambung jauh dari sasaran. Padahal, saat itu Robinho berada dalam posisi bebas. Peluang emas kembali didapat oleh Robinho. Sayang, tendangannya masih bisa ditahan Giuseppe Biava yang berdiri tepat di depan gawang.

Pertahanan Lazio terus digempur oleh Milan, tetapi etapi tak satu pun peluang Milan yang membuahkan hasil. Selain karena penmpilan ciamik dari Muslera, dewi fortuna juga tak menaungi para pemain Milan. Kedudukan 0-0 bertahan hingga peluit meniupkan peluit tanda pertandingan berakhir.

Susunan Pemain:
Milan: Christian Abbiati; Mario Yepes, Daniele Bonera (Nicola Leggrotaglie 46) (Sokratis Papastathopoulos 84), Luca Antonini, Massimo Oddo; Thiago Silva, Robinho, Urby Emanuelson, Mathieu Flamini; Zlatan Ibrahimovic, Alexandre Pato (Antonio Cassano 63)
Lazio: Fernando Muslera; André Dias, Giuseppe Biava, Stefan Radu, Stephan Lichtsteiner, Cristian Ledesma, Hernanes, Alvaro González (Mark Bresciano 74), Christian Brocchi, Giuseppe Sculli (Stefano Mauri 81), Libor Kozak

sumber : kompas




Comments