Kesempatan Australia untuk Raih Trofi

Australia akan berhadapan dengan Jepang pada final Piala Asia, Sabtu, 29 Januari 2011. Duel ini merupakan momen terbesar bagi tim berjuluk Socceroos itu di pentas sepakbola Internasional. Perjalanan terjauh Australia pada sebuah turnamen internasional bergengsi sebelumnya adalah Piala Dunia 2006. Saat itu, Socceroos untuk pertama kali berhasil melewati babak penyisihan grup dan tampil di babak knock out.

Sayang Australia tak mampu melangkah jauh. Perjalanan Socceroos harus terhenti di babak 16 besar setelah dikalahkan Italia 0-1 pada 26 Juni 2006. Prestasi ini kini telah terlampaui. Pasalnya, Australia untuk pertama kali akan tampil di final sebuah turnamen internasional bergengsi, yakni final Piala Asia 2011 yang digelar di Qatar, Sabtu, 29 Januari 2011.

Australia sendiri baru dua kali tampil di Piala Asia setelah resmi berada di bawah Konfederasi Sepakbola Asia 2006 lalu. "Ini (pertandingan lawan Jepang) adalah partai yang berat, namun sangat menarik bila bisa memenangkannya. Ini merupakan sesuatu yang sangat realistis bisa kami menangkan," kata pemain Aussie, Luke Wilkshire.

"Korea Selatan belum sekalipun pernah menang selama 51 tahun tampil di even ini dan kami mampu mencapai final hanya dalam dua kali penampilan pada turnamen ini," sambung Wilkshire. "Ini sedikit berbeda dari Piala Dunia, namun turnamen ini (Piala Asia 2011) merupakan salah satu turnamen besar juga."

sumber : vivanews


Comments